Sabtu, 15 Februari 2014

Bimtek Terumbu Karang Di Angsana

Acara dibuka Kabid KP3K, Ir. H. Winanrno, MP
Kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Terumbu Karang ini kembali dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan.  Setelah tahun 2013 silam dilaksanakan di desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban, kali ini Kamis-Jum'at, 13-14 Februari 2014, kegiatan Bimtek dilaksanakan di Angsana Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Saleh Nasution, SP, MP, dalam sambutannya mengatakan dasar kegiatan ini adalah Keputusan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 12 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Teknis Terumbu Karang Pada Kegiatan Pembuatan Terumbu Karang Buatan dan Transplantasi Terumbu Karang tanggal 06 Februari 2014.
Peserta serius mengikuti kegiatan

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis masyarakat pesisir dalam membuat terumbu karang buatan, transplantasi karang dan pengelolaan terumbu karang.  Selain itu, juga meningkatkan peran serta masyarakat pesisir dalam meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan.  Peserta yang hadir sebanyak 50 orang yang berasal dari perwakilan beberapa desa pesisir antara lain seperti Angsana, Bunati, Sei Dua Laut, Satui Barat, Sei Lembu, Sei Loban, dll juga penyuluh perikanan.

Penyerahan secara simbolis ATK peserta
Dalam sambutannya Kepala Dinas Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan yang dibacakan oleh Ir. H. Winarno, MP selaku Kabid. KP3K, kegiatan Bimtek ini dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi masalah kerusakan ekosistem terumbu karang dan sekaligus dalam upaya pengelolaan terumbu karang yang berkelanjutan untuk konservasi dan rehabilitasi terumbu karang.
“Sasaran dari kegiatan ini adalah terciptanya sumberdaya alam laut yang lestari, berkelanjutan dan dapat terjaga dari kegiatan yang bersifat destruktif terhadap kelangsungan sumberdaya terumbu karang di daerah ini”, tambahnya.

Praktek pembuatan TKB dan transplantasi karang
Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini, selain dari pihak Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Kalsel, juga dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unlam.  Adapun materi yang disampaikan antara lain meliputi Kebijakan Pengelolaan WP3K provinsi Kalimantan Selatan, Pengenalan Terumbu Karang dan Kondisinya Di Kab. Tanah Bumbu, Teknis Rehabilitasi Terumbu Karang dan Praktek Pembuatan Terumbu Karang Buatan.

Dengan adanya kegiatan ini, dihrapkan dapat menjadikan motivasi bagi masyarakat pesisir dalam rangka melestarikan terumbu karang di Kalsel khususnya.  (Red)

SAVE OUR CORAL REEFS!!!
Oleh : Eko Prio Raharjo Shandy, S.Pi - Pemerhati Terumbu Karang Kab. Tanah Bumbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar